Gareth Evans Tidak Menyangka The Raid Bisa Sukses di Luar Negeri

gareth evansSetelah sukses merilis film Merantau (2009), kini PT. Merantau Films resmi meluncurkan karya keduanya yang berjudul The Raid. Lewat film garapan sutradara Gareth Evans ini, mereka diketahui telah berhasil menerima penghargaan di berbagai festival internasional.

Sejak digarap pada tahun lalu, kini The Raid sukses meraih penghargaan bergengsi di kancah perfilman international seperti Toronto International Film Festival 2011 (Cadillacs Peoples Choice award), Jameson Dublin International Film Festival 2012 (Audience Award), dan Festival Film Sundance 2012 sebagai karya yang paling disukai oleh pihak panitia. 

Melihat kesuksesan film yang dibintangi oleh Iko Uwais (Rama), Yayan Ruhiyan (Mad Dog), Ray Sahetapy (Tama), dan Donny Alamsyah (Andi) ini, Gareth menilai itu semua sama sekali diluar dugaan karena The Raid hanya ditopang dengan dana yang terbatas.

"Kesuksesan The Raid sangat diluar dugaan kita. Kami sebenarnya hanya fokus untuk membuat karya seperti biasa tapi ternyata film tersebut berhasil mendapat sambutan yang positif dari berbagai pihak. Jujur kesulitan terbesar saya disini adalah dana yang tergolong sedikit bagi sebuah film bergenre action," ujar Gareth Evans saat acara jumpa pers film The Raid di The Cone, FX, Senayan, Jakarta Selatan.

Setelah The Raid berhasil mencuri perhatian khalayak dunia lewat berbagai festival berkelas internasional, sebuah perusahaan film Amerika yaitu Screen Games, akhirnya resmi membeli hak untuk membuat versi baru layar lebar tersebut. Dalam versi baru nya itu, Gareth akan menjabat sebagai produser eksekutif sementara Iko dan Yayan menjadi koreografer.

Namun ketika disinggung mengapa dirinya tidak kembali menjabat sebagai sutradara di versi baru The Raid, Gareth menjawab, "Saya sudah satu setengah tahun fokus mengerjakan film itu, kalau saya kembali mengurusnya lagi saya bisa jadi gila. Saya hanya sebatas mempertahankan ada judul The Raid-nya dan cerita yang tidak jauh menyimpang."

Kini setelah The Raid sudah siap tayang serentak di bioskop Indonesia, Australia, Kanada, dan Amerika pada tanggal 23 Maret 2012, Gareth mengaku sudah mempersiapkan sekuel yang berjudul Berandal dan siap diproduksi pada bulan Januari 2013.

"Penulisan naskah Berandal 5% lagi selesai dan Iko akan kembali terlibat disini. Saya jamin Berandal akan jauh lebih besar dan seru ketimbang The Raid," tegas Gareth.

Film The Raid mengisahkan tentang perjuangan 20 orang pasukan khusus untuk menangkap gembong narkotika yang kejam di sebuah gedung berlantai 30. Namun misi tersebut kurang berjalan mulus sehingga membuat mereka harus berjuang sangat keras agar bisa melewati setiap lantainya dan bertahan hidup.