Proses Pendewasaan Monica Setiawan Lewat Film Bulan di Atas Kuburan

Monica SetiawanMungkin nama Monica Setiawan masih asing di telinga Anda. Aktris cilik kelahiran Jakarta, 27 April 1998 ini dulu lebih dikenal dengan nama Monica Sayangbati. Kini, dirinya tengah bermain di sebuah produksi layar lebar bersama Sunshine Pictures berjudul Bulan di Atas Kuburan. Mengingat dirinya sudah bukan anak kecil lagi, film ini sekaligus menandai debut Monica di layar lebar dewasa.
 
"Saya kan sudah bukan anak-anak lagi, film ini juga film pertama saya yang sensornya terbilang dewasa. Sebelumnya kan di film anak terus," pungkasnya ditemui di Gala Premiere Bulan di Atas Kuburan di Epicentrum XXI, Kuningan, Jakarta Selatan.
 
Pada film yang dibesut oleh Edo W.F. Sitanggang ini, Monica berperan sebagai Butet, sepupu dari Sahat yang diperankan oleh Rio Dewanto. Dan tak dipungkiri, ia pun sempat mengira kalau ini adalah film horor. "Saya kira film ini film horor, tapi setelah baca skenarionya, film ini ternyata diangkat dari sebuah puisi, dan film ini sudah pernah diputar, namun yang ini versi baru dengan pemain yang baru-baru juga," beber pemeran Anya di film Garuda di Dadaku 2 (2011) itu.
 
Untuk bisa terlibat di film yang diadaptasi dari puisi Sitor Situmorang tersebut, Monica pun berjuang seorang diri. Ia harus melewati casting lantaran ia tidak kenal dengan sutradara maupun produser film tersebut. Karenanya, ia berusaha tampil maksimal.
 
"Awalnya aku ikut casting, dan mereka suka dengan karakter yang aku suguhkan," kata Monica.
 
Perannya dalam Bulan di Atas Kuburan juga berbeda dari lakon-lakon di film sebelumnya. Dengan kewajiban berdialek Batak, itu menjadi tantangan tersendiri bagi Monica.
 
Beragam persiapan juga dilakukan Monica sebelum syuting, mulai dari proses reading sampai kependalaman karakter. Untungnya, ia tidak menemui kesulitan dalam beradu akting dengan suami dari Atiqah Hasiholan tersebut, sebab, ini bukan kali pertamanya Monica bermain dengan Rio. "Saya ada beberapa scene sama Rio, tapi ini kedua kalinya saya main Rio, jadi nggak perlu effort berlebih untuk mendapatkan chemistry-nya," ujarnya lagi.
 
Selain Rio Dewanto dan Monica Setiawan, Bulan di Atas Kuburan juga melibatkan banyak aktor dan aktris papan atas Tanah Air lainnya. Ada Atiqah Hasiholan, Tio Pakusadewo, Donny Alamsyah, Andre Hehanusa, Ria Irawan, dan masih banyak lagi. Film ini siap tayang di Cinema XXI mulai 16 April 2015.