Teddy Soeriaatmadja: Lovely Man adalah Film Survival

Teddy SoeriaatmadjaMeskipun dikemas secara sederhana dan biaya produksi yang tidak besar, film garapan sutradara Teddy Soeriaatmadja berjudul Lovely Man, ternyata mampu meraih beberapa penghargaan di ajang festival film luar negeri. Bagi Teddy, film Lovely Man memiliki keunggulan tersendiri karena mengandung faktor survival dan mampu diselesaikan dengan fasilitas yang seadanya.

Beberapa penghargaan yang telah diraih film Lovely Man antara lain Special Mention Awards pada Osaka Asian Film Festival 2012, Best Actor pada Asian Film Awards 2012 di Hong Kong, dan Best Film serta Best Director di The Golden Reel Awards pada Tiburon International Film Festival 2012 San Francisco, Amerika Serikat.

"Di festival saya selalu ditanyain masalah teknis, tapi saya jawab kalau film ini dibuat dengan gaya survival. Ini karena keterbatasan dana makanya tampilannya seperti itu. Kita pakai lensa dan lighting yang itu-itu aja, makanya tampilannya seperti itu. Kalau dari sudut pandang artistik, saya memang selalu menampilkan soft focus di setiap film-film saya," ujar Teddy saat press screening film Lovely Man di XXI Senayan City, Jakarta Selatan (08/05).

Teddy menjelaskan, ide pembuatan film Lovely Man sudah ada sejak 2003 ketika suami dari Raihaanun ini melihat seorang waria yang sedang ngobrol dengan wanita berjilbab di tepi jalan. Merasa penasaran dengan isi pembicaraan dua orang tersebut, akhirnya Teddy mulai membuat skenarionya di tahun 2011. Untuk penulisan skenario, Teddy tidak membutuhkan waktu lama dan berhasil diselesaikan dalam waktu 2 minggu.

Melihat prestasi yang telah diraih Lovely Man di festival luar negeri, membuat Teddy semakin optimis kalau film gararapannya tersebut mampu mencuri perhatian penonton Indonesia. Kedepannya, Lovely Man masih akan terus mengikuti festival film lain, salah satunya di Pittsburg, Amerika Serikat.

"Pada awalnya saya nggak ada rencana untuk bawa ke festival, saya cuma kasih lihat ke temen saya pantas apa nggak, kata temen saya pantas. Akhirnya dibawa ke Busan International Film Festival (2011) dan dapat respon yang bagus, setelah itu dicaplok juga ke festival lain. Tapi kita harus pede dapat penonton banyak disini. Jaman sekarang memang mesti pede. Bulan ini kita masih ada festival lain sih di Pittsburg, Amerika Serikat," pungkas Teddy

Film Lovely Man yang dibintangi oleh Donny Damara dan Raihaanun ini, dijadwalkan akan tayang di seluruh bioskop pada tanggal 10 Mei 2012.